Senin, 17 Oktober 2011

Mengapa anjing dan kucing memakan rumput?

Salam Hangat..

Pasti kita sering mendapati anjing atau kucing di rumah memakan rumput di halaman rumah, pertanyaannya.. bahayakah?



Terdapat beberapa alasan yang mendasarinya. 
  1. Pica behaviour. Istilah "pica" ini berarti memakan segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan nutrisionalnya. Sering hewan menggigiti plastik, batu atau segala sesuatu yang menarik untuk digigit dan sekedar dikunyah saja. Diskusikan dengan dokter hewan yang memeriksa bila anda menyadari bahwa hal tersebut merupakan kebiasaan yang semakin sering dilakukan.
  2. Pemenuhan akan komposisi nutrisi tertentu. Pastinya kita sudah memberikan pakan terbaik bagi hewan peliharaan kita, tapi ada kalanya individu hewan satu dan yang lain memiliki kebutuhan yang berbeda akan komposisi nutrisi tertentu yang mungkin tidak didapat secara utuh dari pakan sehari-harinya. Rumput juga dapat membantu anjing dan kucing dalam memenuhi kebutuhan akan serat.
  3. Perubahan idiopathic(dapatan). Hal ini terkait mekanisme dalam tubuh yang hingga saat ini belum bisa diketahui secara pasti, sehingga sekalipun semua komposisi nutrisional terpenuhi namun anjing kucing masih saja melakukan hal ini.
Sebagai para pemilik hewan yang baik, coba lakukan pengamatan seperti  :
  1.  Berapa kali mereka beraktivitas seperti itu?
  2.  Berapa banyak jumlah yang dimakan?
  3.  Setelah melakukan aktivitas tersebut apakah mereka nampak kesakitan atau bahkan muntah (muntahannya banyak atau sedikit)?
  4.  apakah mereka melakukannya disaat mereka tidak mau makan makanan utamanya?
Jikalau anda mendapati lebih sering poin 3 dan 4 maka sebaiknya sesegera mungkin kunjungi dokter hewan terdekat supaya segera mendapatkan pengobatan yang tepat karena dipastikan terdapat masalah di saluran cernanya.
Beberapa hal yang akan diperiksa oleh dokter hewan adalah pemeriksaan feses(kotoran), pemeriksaan darah, pemeriksaan cairan urin, pemeriksaan saluran cerna dari hasil x-ray ataupun USG hingga tindak operatif bila dirasa perlu. 
Maka dari itu jangan ragu untuk memeriksakan kebiasaan ini pada dokter hewan terdekat dan  pastikan rumput di halaman sekitar tempat hewan anda berada adalah rumput yang bebas pestisida atau bahan kimiawi berbahaya lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar