Kamis, 06 Oktober 2011

Intoksikasi Bunga Lili pada Kucing

Salam Hangat..

Apakah anda berpikiran untuk menambah koleksi tanaman di pekarangan rumah? Bagi para pemelihara kucing sebaiknya pertimbangkan agar tidak memelihara bunga lili jikalau anda tidak yakin apakah si kucing akan bebas bermain hingga ke pekarangan rumah anda.
Saya pun setuju jikalau bunga lili adalah bunga yang cantik, tetapi kucing adalah hewan yang sensitif pada bunga cantik tersebut. Sampai saat ini belum diketahui jenis toksin apa yang menyebabkan keracunan pada kucing yang tak sengaja memakan bagian dari bunga lili tersebut.
Berikut beberapa jenis bunga lili yang berbahaya bagi kucing.

 Easter Lily - Lilium longiflorum

Japanese Show Lily - Lilium lancifolium

Tiger Lily - Lilium tigrinum

Rubrum Lily - Lilium speciosum var. rubrum

Gejala yang ditunjukkan sesaat kucing mengalami keracunan bunga lili : nafsu makan hilang, muntah, lemas dan bila berlanjut menyebabkan kelumpuhan saluran pernafasan, dan kejang. 
Pertolongan pertama yang bisa diberikan yaitu dengan memberi tablet karbon aktif (norit) dan bila perlu paksa kucing memuntahkan isi lambungnya. Hubungi dokter hewan terdekat karena sangat diperlukan terapi cairan (infus) intra vena. 
Kucing yang mampu bertahan seringkali meninggalkan riwayat penyakit gangguan ginjal. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter hewan anda mengenai pengobatan dan pemenuhan nutrisi pasca kejadian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar