Rabu, 12 Oktober 2011

Kenapa si kucing terus menggaruk telinganya?

Salam Hangat..

Rasa gatal didalam telinga merupakan satu alasan mengapa kucing terus menggaruk telinganya, tetapi apakah yang menyebabkan rasa gatal tersebut? Berikut adalah beberapa alasannya.


  1. Allergic skin disease. Penyakit kulit yang ditimbulkan oleh alergen (pemicu timbulnya alergi) yang bisa disebabkan oleh pinjal(kutu), makanan, perubahan suhu lingkungan, atau kontak dengan alergen lain yang tersebar di udara.
  2. Infeksi jamur. Merupakan hasil infeksi sekunder dari reaksi alergi berkepanjangan yang tidak teratasi dengan baik.
  3. Infeksi tungau. Tungau atau parasit mikroskopis dari spesies Otodectes cynotis. Perlu pemeriksaan kotoran telinga kucing dibawah mikroskop sebagai penegak diagnosa.
  4. Infeksi bakteri. Sama halnya dengan infeksi jamur yang merupakan hasil dari infeksi sekunder penyakit didalam telinga yang tidak segera teratasi dengan baik.
  5. Benda asing. Segala sesuatu yang menyumbat di dalam saluran telinga, seperti kotoran telinga yang lama tidak pernah dibersihkan, yang mana reaksinya beragam mulai dari rasa gatal hingga sakit akibat kucing terus menggaruk sehingga merusak jaringan sekitar kulit telinga.
"gambaran telinga kucing yang sehat"


 "kulit sekitar telinga yang terlalu sering digaruk hingga luka, untuk menghindari ini pastikan kuku kucing rutin dipotong sehingga tidak melukai saat kucing mulai menggaruk."

Ada baiknya saat melihat kucing menggaruk telinganya dengan frekuensi terlalu sering, segera cek dalam telinganya, amati warna kotoran telinganya, jikalau telinga kotor, berminyak dan bau maka kemungkinan sudah terbentuk infeksi sekunder. 
Segera bawa ke dokter hewan sebelum infeksi sekunder masuk lebih dalam hingga mencapai ke gendang telinga dan tentunya menyebar keseluruh tubuh melalui aliran darah. 
Biasanya dokter hewan akan membawakan tetes telinga untuk luka yang sudah mencapai bagian tengah telinga, coba berikan dengan cara handle sebagai berikut.

"pastikan obat tetes mencapai bagian dalam dan tidak terbuang keluar akibat reaksi kucing saat tetesan obat memasuki telinganya"


"segera setelah obat tetes telinga berhasil masuk, tahan kepala kucing agar tidak bergerak dan pijat bagian dasar telinga untuk sekali lagi memastikan obat terdistribusi hingga ke dalam saluran telinga"

19 komentar:

  1. saran yang baik,terima kasih telah berbagi

    BalasHapus
  2. kalo untuk pencegahan bolehkah telinga kucing d beri obat tetes telinga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk pencegahan baiknya bersihkan kuping kucing secara berkala saja. Bisa secara kering atau secara basah (pakai obat tetes telinga). Tpi pastikan obat tetes telinganya memang yg utk grooming atau cleaning (membersihkan saja), bukan yg mengandung obat

      Hapus
  3. kucing aq baru sembuh dr jamur kulit dan bulu2nya yg mulai tumbuh sptnya menyebabkan gatal... akhirnya digaruk2 dan menyebabkan luka.. gimana cara ngatasinnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa pakai collar yg mencegah kucing utk tdk garuk2? Kuku kucing jga wajib dipotong agar tdk tajam n melukai. Kalau tdk bisa, ujung kaki kucing bisa diperban (jadi seperti sarung tangan/kaos kaki) sehingga kukunya terhalang kain n tdk bisa dipakai garuk2. Bisa pakai obat anti gatal tpi hrs sesuai rekomendasi vet

      Hapus
  4. Saya habis tetesin obat telinga tapi kok kucing saya jadi ga respon sama suara kayak tuli gitu ya. Thank

    BalasHapus
  5. Sy tdi balas2kan komen2 di atas. Berhubung sy tahu sedikit krn pelihara kucing n mahasiswa FKH juga. Tpi tolong perlakukan komen2 tsb hanya sebagai saran dan konsultasikan dgn vet anda. Terkadang berkonsultasi dgn penjual pet shop jga membantu

    BalasHapus
  6. kucingku abis dimandiin di petshop, tapi ko abis dimandiin pas dirumah tuh dia garuk garuk telinganya mulu, itu knpa ya?

    BalasHapus
  7. Pagi hari kucing saya abis di mandiin Di petshop setelah selesai siangnya saya ambil kembali kok telinganya di garuk garuk samsama telinganya itu kok sebelah tidak tegap seperti yg sebelahnya lagi , kalo boleh mnt sarannya dan info nya harus saya beri apa ya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak sama kucing saya juga telinganya ga tegap kaya entah ada apanya saya juga ga ngrti ga tega aku liatnya

      Hapus
    2. Dikasih apa ya biar ilang garuk garuk abis mandi di petshop?

      Hapus
  8. Kalau langsung du berikan obat telinga gapapa kan. . Atau di bawa ke dokter dulu.. Makaci infonya

    BalasHapus
  9. Hari ini pkul 02:11 smpe 03:16
    Aku ga bisa tdur krna ngurusin kucing aku yg sllu garukun tlinganya, aku bnr bnr ga tega liatnya
    Entah gatal atau sakit yg dia rasain aku ga tau. Aku uda brusaha buat liat dalam telinganya tp dia sllu mnolak. Ya ampun aku bnr bnr ga tega dia ga bisa tdur. Tpi herannya dia hnya sering mnggaruk pda mlm hari saja klau siang tidak pernah bhkan. Biasa saja.
    Kalau mlm dia sllu garukin telinga. Tolong sarannya aku hrus apa.

    BalasHapus
  10. Mlm ini pukul 02:11 smpai 04:20
    Aku ga bisa tdur gara gara kucing aku sllu garukin telinganya aku ga tau dia knpa gatal atau sakit yg dia rasain aku bingung tengah mlm dia kya gtu aku bnr bnr ga tega dia ga bisa tidur dgn nyenyak krna bntr bnre dia hrus garuk telinganya ya Allah aku bnr bnr ga tega.
    Aku harus apa tolong sarannya.
    Anehnya kucingku mnggaruk telinganya dengan sering hnya pd mlm hari saja ktika siang atau mnjelang pagi kucingku biasa aja bhkan tidak prnah mnggaruk telinga..
    Tolong ya sarannya aku bnr bnr ga bisa tdr ga tega liat kucing aku. Kasian juga kucing aku.. .😓😓😓

    BalasHapus
  11. Kucingku tiba2 kaya terganggu telinga ga tau ada apa ato knpa..takut kejadian yg sma uda bwa k dokter akhirx mati jg krn bengkak di bawah rahang bawah...

    BalasHapus
  12. Kucing ku sudah 3 hari telinga nya gatal garuk2 heboh pas periksa telinganya gak ada kotoran pdahal loh...tp saking gatalnya telinganya sampe miring gtu,
    Mw gak mw ku beri vet otic (ada obaty inih) baru berhenti garuk2nya...kmgkinan gak sih itu awal infeksi earmites....soalnya 2 kucing drumah kena earmites tkuty nular dr mreka....gpp kan saya ksh obat telinga yg mengandung obat...krna sdh dibersihkan bbrpa hri ini msh gatal2

    BalasHapus
  13. Kucing ku baru mati terkena virus feline panleukopenia
    Kalo ada temen nya tolong dipisahkan dari kandang nya karena virus ini cepat nyebar nya kalo bisa kandang nya dicuci dengan wipol ataupun pemutih pakaian sedih liat kucing mati gara gara terkena virus ini

    BalasHapus
  14. Cara mengatasi kucing menggaruk telingannya ampe luka gitu gimana ya?kasian liatnya ...kaya yang gatel gitu apa di karenakan kutu tungau?

    BalasHapus
  15. Mohon bantuannya, kucingku kerjaannya geleng2 kepala trus garuk2 telinga dan sekitarannya... kadang2 sampe dagu juga pdahal telinganya bersih (kotorannya sedikit/normal dan g bau karna sering aku bersihin) tp ada bulu diatas matanya itu pitak sama ditengkuk nya dan udh ku mandiin jamur juga tp ttp garuk2 telinga juga, ada yg tau kah itu knp dan cara penanganannya?

    BalasHapus