Selasa, 06 Desember 2011

Mempersiapkan Anjing yang akan Melahirkan

Salam Hangat...

Kali ini kami akan mencoba memberi penjelasan lebih dari 140 karakter untuk pertanyaan dari followers kami di akun twitter @dokterhewanku. 

Sebelumnya kami ucapkan selamat atas kehamilan anjing anda :)
Baiklah, apa saja yang perlu anda persiapkan? Mungkin hal ini akan menjadi lebih mudah jikalau hingga sampai saat ini anjing anda dalam keadaan sehat dan tidak tampak kelemahan padanya.

Gambaran saluran reproduksi anjing betina non-gravid (tidak hamil)


Gambaran saluran reproduksi betina gravid (hamil)


Pemenuhan nutrisi yang sesuai adalah kunci utama disertai dengan latihan fisik ringan agar metabolisme tubuh tetap berjalan optimal.
Berikut adalah beberapa hal yang harus anda amati dan anda lakukan :
  1. Jadwal vaksinasi, deworming (pemberian obat cacing) atau pemberian anti kutu. Sebaiknya untuk hewan yang sedang hamil TIDAK dilakukan vaksinasi. Sebaiknya vaksinasi ditunda sampai induk melahirkan dan lepas masa menyusui. Bagaimana dengan obat cacing dan anti kutunya? Masih ada perbedaan pendapat diantara dokter hewan mengenai hal ini, sebaiknya anda mengunjungi dokter hewan kepercayaan anda dan diskusikan kemungkinan pemberian obat cacing&anti kutu pada anjing anda yang sedang hamil, karena memang sebaiknya saat induk melahirkan, si induk sudah terbebas dari parasit baik parasit internal maupun eksternal.
  2. Perubahan perilaku. Anjing yang sedang hamil biasanya akan menjadi lebih sensitif dan lebih ingin diperhatikan. Sebaiknya saat anjing anda sedang hamil jauhkan dari anak-anak yang mungkin akan mengganggunya dan membuat anjing anda yang sedang hamil menjadi setres dan marah. Ada baiknya anjing yang sedang hamil diletakkan di ruangan khusus yang bersih dan bebas gangguan serta tentunya nyaman bagi anjing tersebut. Di awal kehamilan juga ditemukan syndrome morning sickness pada anjing. Sebaiknya bawa anjing anda pada dokter hewan untuk diberikan obat anti muntah yang aman bagi anjing yang sedang hamil.
  3. Pemenuhan kebutuhan nutrisi. Ini merupakan kunci utama, dan sebaiknya anda mematuhi hal ini supaya anjing anda nantinya melahirkan selamat dan anak-anak yang dilahirkan sehat. Bila anda terbiasa memberikannya premium dog food, kandungan nutrisinya telah memenuhi standart kebutuhan nutrisi anjing anda. Dianjurkan untuk memberikan dogfood tipe puppy dikarenakan komposisi nutrisi untuk pakan puppy lebih komplit terutama tinggi protein, lemak dan mineral. Anjing yang sedang hamil juga diberi makan 2-4 kali lebih sering dibandingkan pada saat ia tidak hamil. Namun tetap waspada, jangan sampai anjing hamil menjadi obesitas dikarenakan ia terlalu banyak makan. Bawa ia berjalan-jalan setiap pagi/sore hari sekitar 30 menit. Pada 3 minggu akhir menjelang kelahiran, dengan keadaan uterus yang semakin membesar maka ia akan kesulitan untuk menampung makan dalam jumlah besar maka berikan makanan tersebut sedikit-sedikit namun sering. Suplementasi kalsium juga dianjurkan tidak berlebihan dan bila anda sudah menggunakan premium dogfood maka suplementasi ini tidak dibutuhkan. Suplementasi kalsium yang berlebihan akan menjadi pemicu kejadian "Eclampsia" atau "Milk Fever" dimana kondisi kalsium dalam darah menurun dengan drastis yang mengakibatkan anjing menjadi lemah dan mengalami kelumpuhan(tidak mampu menopang tubuhnya) disertai dengan peningkatan suhu tubuh yang bila kondisi tersebut tidak segera dikoreksi bisa berakibat fatal. Suplementasi kalsium berlebihan akan mengganggu regulasi hormonal dalam tubuh anjing untuk memproduksi kalsium sehingga kalsium yang dibutuhkan saat induk menyusui (saat induk mulai memproduksi air susu yang terjadi pada masa akhir kehamilan) tidak terpenuhi dikarenakan fungsi hormonal (hormon paratiroid) yang terhenti akibat suplementasi kalsium peroral yang berlebihan disaat ia sedang hamil. 
  4. Cairan yang keluar dari saluran kelahiran (vagina). Anjing hamil dari vaginanya akan mengeluarkan cairan bening, harap rutin dibersihkan dan bila cairan yang bening tersebut berubah menjadi keruh dan disertai darah sebaiknya segeralah anda membawanya ke dokter hewan karena dikuatirkan terjadi komplikasi di dalam rahim. 
  5. 1-2 minggu sebelum melahirkan. Mulai ajarkan anjing anda untuk terbiasa di ruangan khusus yang anda persiapkan untuk nya dan anak-anaknya saat ia melahirkan nanti. Hal ini khusus bagi anda yang terbiasa tidur satu tempat dengan anjing anda, karena bila ia tidak dibiasakan maka saat ia melahirkan nanti ia akan memilih untuk melahirkan diatas tempat tidur anda dan ya...tentunya merepotkan, bukan? :). Anjing akan melahirkan setelah ia mengandung selama 63 hari jadi pastikan anda mencatat kapan tanggal ia dikawinkan.
Nah, demikian kiranya beberapa persiapan yang harus anda amati dan anda lakukan. Semoga berguna dan sekali lagi jangan lupa untuk selalu konsultasi dengan dokter hewan yang memeriksa anjing anda. Pertanyaan lebih lanjut follow twitter kami @dokterhewanku. 


1 komentar:

  1. Kalo kucing keluar air bening dari tete nya itu kemungkinan hamil apa tidak ya? Soalnya dah 2bln lebih pas hari di kawin kan sampai sekarang belom ada tanda2 hamil.. Perut juga biasa saja..

    BalasHapus