Selasa, 29 November 2011

"Hewan saya tidak mau makan.. kenapa ya?"


Salam Hangat...
Hewan peliharaan dirumah mungkin sesekali pernah anda temukan dalam keadaan tidak mau makan atau sekalipun ia makan, makannya sedikit sekali. Bila hewan peliharaan menunjukkan gejala tersebut tanpa disertai kelemahan seperti aktivitas yg menurun (tidak lincah) dan ia cenderung untuk selalu tidur, nah...jangan terlalu kuatir, mungkin anda harus lebih jeli mengamati perilakunya seperti :
  1. Ia mungkin bosan dengan makanannya dan ia sedang ingin bermain-main. Hal ini biasanya didapati pada hewan usia muda atau anakan yg baru berpindah dari masa menyusu ke masa sapih yaitu hewan mulai belajar makan-makanan padat. Berikan multivitamin yang mengandung vitamin B-kompleks. Terdapat pula multivitamin dalam bentuk pasta yang tersedia di petshop sudah cukup untuk membantu menjaga kondisi kesehatan hewan peliharaan anda.
  2. Musim kawin atau hewan sedang heat (birahi). Hewan yang sedang ada di fase ini akan sangat "betah" sekali untuk tidak makan terlebih bila ia sudah mendapat pasangan. Biasanya hewan akan lebih fokus untuk kawin daripada memenuhi rasa laparnya. Sekali lagi bila anda menemukannya dalam keadaan seperti ini, berikan multivitamin agar kondisi kesehatannya tidak drop.
  3. Sifat superior/sifat dominan dalam kelompok hewan terhadap hewan inferior/hewan yang lebih lemah. Hal ini seringkali dialami pada suatu rumah yang memelihara hewan dalam jumlah banyak dan mereka dilepas dalam satu ruangan sehingga akan menciptakan sebuah tingkatan. Akan terdapat hewan yang lebih kuat dan bersifat penguasa sehingga hewan yang lebih lemah atau hewan yang cenderung bersifat penakut tidak akan berani makan bila hewan yang lebih kuat tadi berada disekitarnya. Solusinya? selalu pisahkan hewan yang nampak lebih lemah/bersifat penakut dari para jagoan tersebut agar si jagoan tidak mengganggu hewan yang penakut tadi. 
  4. Hewan sedang hamil dan akan segera melahirkan. Nah, kalau ini memang sudah jelas bahwasanya hewan yang akan segera melahirkan berada dalam keadaan paling lemah dan stress, suhu tubuhnya pun ikut turun. Sebagai langkah pencegahan, 4minggu sebelum hewan anda melahirkan berikan tambahan makanan atau beri makanan dengan komposisi nutrisi untuk anakan.
Bila dari tanda-tanda di atas masih belum ada di daftar pengamatan anda, segera bawa hewan anda untuk segera diperiksa oleh dokter hewan. Terlebih bila hewan sudah mengalami kelemahan teramat sangat dengan disertai muntah dan diare, jangan dibiarkan sampai 24jam karena kondisi tersebut akan mengakibatkan dehidrasi yang dapat berakibat fatal bila tidak segera ditangani oleh dokter hewan. Demikian semoga bermanfaat. Pertanyaan anda kami tunggu di twitter kami @dokterhewanku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar