Kamis, 15 Desember 2011

Mempersiapkan Kucing yang Akan Melahirkan

Salam Hangat...

Kembali kami akan coba menjawab pertanyaan dari followers kami di akun twitter @dokterhewanku yaitu apakah tanda kucing yang akan melahirkan?
Pastinya sebagai pemilik hewan yang sudah berpengalaman memiliki hewan kesayangan yang akan melahirkan, hal ini tidak akan menimbulkan rasa cemas, namun bagaimanakah jika ini merupakan pengalaman pertama anda dengan hewan anda yang sedang hamil dan akan melahirkan maupun pengalaman pertama bagi kucing anda untuk melahirkan? Intinya satu, jangan panik karena kucing pada umumnya sangat terampil mengurus dirinya sendiri sama halnya saat ia melahirkan kebanyakan kucing sudah tau apa yang harus ia lakukan. 


Berikut beberapa tahapan yang harus anda amati, anda siapkan dan anda lakukan.
  1. Tanggal kucing dikawinkan. Jika anda mengetahui secara pasti kapan kucing anda dikawinkan, tentunya prediksi kapan ia akan melahirkan akan mudah diketahui. Perlu diingat kucing akan mengandung selama 59-65 hari (ada juga yg mencapai 70hari) dan seringkali kelahiran terjadi di hari ke 62-63hari. 
  2. Nafsu makan menurun di akhir masa kehamilan. Dikarenakan perut induk yang makin membesar tentunya "ruang" didalam tubuhnya akan penuh dengan ukuran fetus yang terus membesar sehingga lambung terdesak sehingga induk akan kesulitan makan dalam jumlah banyak dikarenakan lambung yg terdesak tadi. Selain itu kondisi induk secara psikologis juga mengalami stres sebelum melahirkan sehingga ia akan lebih sering me-ngeong dengan intonasi nada tertentu yang berbeda daripada intonasi nada me-ngeong yang biasa ia bunyikan.
  3. Keluarnya air susu. Menjelang masa melahirkan, induk kucing akan memproduksi air susu yang mana air susu tersebut sudah ada pada 3-2 minggu mendekati masa kelahiran. Bila anda pencet puting susu induk (cukup perlahan saja) dan bila air susu sudah keluar berarti kucing anda dalam waktu 2-3 minggu lagi akan melahirkan. Supaya memudahkan anakan kucing nanti mencari puting susu induk, terutama untuk kucing yang berbulu panjang maka sebaiknya bulu-bulu yang ada disekitar puting susu induk ditipiskan dan sekalian juga bulu-bulu yang disekitar vagina induk ditipiskan juga agar lebih mudah dibersihkan setelah ia melahirkan dan tentunya akan lebih higienis dan minim tempat untuk berkembangnya bakteri di bulu-bulu yang masih kotor oleh sisa darah, cairan vagina serta air ketuban pasca kelahiran. Selain itu juga akan memudahkan kita untuk melihat air ketuban yang keluar dan bagian fetus yang nantinya akan dilahirkan.
  4. Bersihkan rumah dan halaman serta tempat yang dipersiapkan untuk induk kucing yang akan melahirkan dari kutu jika memang kucing anda memiliki riwayat terinfeksi parasit seperti kutu dan tungau.Perlu kami ingatkan kembali, saat induk kucing sedang hamil dan tiba masanya ia untuk diberikan vaksinasi sebaiknya vaksinasi tersebut ditunda dan mengenai pemberian obat cacing serta anti kutu pada kucing yang sedang hamil haruslah atas sepengetahuan dokter hewan yang biasa memeriksa kucing anda.
  5. Keluarnya air ketuban. Air ketuban ini seperti air kencing  yang nampak membasahi daerah sekitar vagina induk. Terkadang juga nampak seperti ada gelembung air (kantung air) yang menggantung di vagina induk dan itu artinya dalam hari itu juga ia harus sudah melahirkan. 
  6. Siapkan kandang dengan ukuran  3-4 kali besar tubuhnya. Pada usia kehamilan 7-8 minggu mulailah membiasakan si kucing untuk tidur didalam kandang sehingga saat ia melahirkan nanti sudah terbiasa berada didalam kandang dengan anak-anaknya. Bila tidak biarkan ia mencari sendiri tempat yang nyaman baginya untuk melahirkan. sediakan beberapa kotak/kardus dengan beberapa alas didalamnya. Bila anda menemukan ia suka bersembunyi di tempat tertentu, letakkan alas dari kain/baju bekas yang bersih karena seringkali mereka suka dengan baju/kain yang sudah pernah/lama kita gunakan. 
  7. Siapkan juga kain bersih, gunting steril dan dental floss/benang untuk pembersih gigi manusia yang bisa digunakan untuk mengikat tali pusat anak setelah dilepaskan dari plasenta(ari-ari)nya. Untuk kandang yang sudah dipersiapkan, tambahkan lampu diatas kandang (sebaiknya bohlam dengan watt yang agak besar) yang berfungsi untuk membantu menghangatkan kandang. Siapkan juga kitten milk replacer yaitu susu khusus untuk anak kucing jikalau nanti setelah melahirkan si induk menolak untuk menyusui anaknya atau induk menderita Eclampsia atau induk kekurangan kalsium sehingga menyebabkan induk demam dan mengalami kelemahan. 
  8. Selalu waspada menjelang 1 minggu proses kelahirannya. Cek temperatur tubuhnya. Suhu tubuh seringkali menjadi drop atau rendah beberapa saat menjelang kelahiran. Saat ia melahirkan, ada baiknya anda selalu mendampinginya karena ada beberapa kasus yang mana induk tidak tahu apa yang harus ia lakukan tepat setelah ia melahirkan bayinya, bahkan ia tidak merobek selaput pembungkus (berisi cairan amnion)fetus yang menyebabkan fetus tersebut mati. Jika anda menemukan kasus serupa, segera sobek selaput yang membungkus fetus dan segera bersihkan seluruh cairan yang masih membasahi tubuh fetus terutama didaerah hidung dan rongga mulut untuk memudahkannya bernafas. Potong tali penghubung antara fetus dengan plasentanya. Ikat bagian tali pusat tadi menggunakan dental floss dan lakukan semua dengan tangan yang bersih(steril)yang sebaiknya anda menggunakan surgical glove(sarung tangan sekali pakai). Induk yang berpengalaman akan melakukan semuanya sendiri sampai dengan memakan plasenta anak.
  9. Nomer telpon dokter hewan anda. Jika memang setelah proses kelahiran anda menemukan induk menjadi demam atau ada anak yang megap-megap atau sulit bernafas. Biasanya jarak kelahiran antara anak yang satu dengan yang lain paling lama sekitar 1 jam tapi antara individu satu dan yang lain tentunya akan memberikan tanda yang berbeda-beda.
Sebenarnya seperti yang kami jelaskan sebelumnya, antara individu satu dengan individu kucing yang lain akan memberikan respon yang berbeda-beda ketika ia akan melahirkan, semoga apa yang kami tulisakan di atas dapat membantu mengatasi kecemasan anda dalam mempersiapkan masa kelahiran kucing anda di rumah. Pertanyaan lebih lanjut bisa melalui twitter kami @dokterhewanku.

35 komentar:

  1. dok, buat tulisan tentang sterilisasi kucing dong.. persiapannya apa aja kalo mau disteril, bisanya dari umur berapa? buat kucing jantan dan betina ya dok. terimakasih..

    BalasHapus
  2. Dok, di rumah ada mama kucing yang baru melahirkan, tapi kitten-nya berkutu. Kapan ya amannya bisa dimandiin dengan air + shampoo? Kalau misalnya diberi bedak aman, tidak? Takutnya dijilat sama mama dan saudara2nya. Thank you :)

    BalasHapus
  3. halo semua..
    untuk sterilisasi kucing sebenarnya banyak versi. ada yang mengaitkan dengan animal welfare ada yang mengaitkan dengan masalah kesehatan jadi tergantung pemikiran dan putusan dokter hewan beserta pemiliknya.
    untuk kucing yang baru melahirkan sebenarnya tunggu sampai kondisi induk dan anak stabil. Induk nya sehat mau makan-minum dan buang airnya lancar plus anakan bisa menyusu pada induk dengan stabil.
    kitten pasti berkutu, krn induk biasanya ada kutu. tindakan awal bersihkan induk dan lingkungan sekitar mereka dulu. saat anak menginjak usia 2 bulan mereka aman untuk dimandikan dengan shampoo anti kutu. demikian semoga membantu.

    BalasHapus
  4. Dok,klo tupai sy mulutnya berbusa hbs mkn jeruk,trus ky pengen muntah itu gmn yah? Apa harus dibawa ke rs hewan thx

    BalasHapus
  5. dokter, kucing saya sudah hamil usia 55 hari. saya bingung u/ persiapan tempat untuk melahirkannya, secara kucing saya itu tidak suka dikurung, terbiasa dibebaskan di dalam rumah.
    kemarin saya liat dia gelisah pindah2 tempat u/ tidurnya, smp akhirnya dia masuk ke kolong tempat tidur Ibu saya. apakah dia sedang cari tempat untuk melahirkan?
    dan apa saja yg harus saya persiapkan (ini kucing pertama saya dan ini kelahiran pertama kucing saya)?

    BalasHapus
  6. Dok,..
    2 hari yg lalu kucing kami melahirkan 4 anak kucing,..dan kami sediakan keranjang dg tumpukan kain untuk tempat melahirkan , namun kucing kami selalu berpindah2 tempat dg membawa anaknya,...dan pada secara tidak sengaja kami melihat kucing tsb memakan anaknya shg tinggal 2,..tp kami tdk tahu apakah kondisi anak kucing yg dimakan tersebut kondisinya sdh mati atau masih hidup pada saat dimakan oleh induknya,.. apa yg harus dilakukan agar anak kucing yang tersisa tetap masih hidup,...

    BalasHapus
  7. DOk, bagaimana untuk merangsang agar air susu induk kucing keluar, karena kucing saya, air susu tidak keluar. Saat ini sedang hamil yang ke dua kali, sebelumnya pada saat melahirkan, induk tdk keluar air susu dan tidak mau merawat anak anak. Saat ini kucing sedang hamil dan sdh mendekati hari kelahiran ttp putingnya dipencet tidak keluar air susu.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  8. Dok, saya punya kucing himalaya sudah 3 bulan hamil koq belum lahiran ya? kata dokter hewan dekat rumah saya sih tidak apa2. tapi saya khawatir. bagaimana baiknya dok ?

    BalasHapus
  9. Dok.. kucing saya baru melahrikan untuk yg pertama kalinya, tapi air susunya kok blm keluar ya? Itu kenapa ya dok? Saya jadi takut + bingung, takut anak2nya gak panjang umur.. solusinya apa? Help me, please..

    BalasHapus
  10. Dok saya punya kucing yang baru melahirkan. Tapi perutnya masih membesar. Dan ku pikir masih ada anaknya yang belum lahir. Kucing saya pun ngos2an napasnya. Sudah satu hari dia mrlahitkan tetapi madih ngos2an napasnya dan perutnya masih besar dan ada tonjolan2 ga lazim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing saya juga bgtu. Trus akhirnya gimana? Masih ada anaknya yg lahir? Atau gimana ya? Thanks. Butuh infonya.

      Hapus
    2. Itu takutnya ada bayi yg ketinggalan d dalem & sudah mati. Mending di bawa ke vet untuk di keluarkan.

      Hapus
    3. Kucing ku juga masih ada abak didalamnya. Amu takut dia mati, kalau kedokter hewab takut mahal :(
      Apa yg terjadi pada kucing kalian?
      Rolong jawab

      Hapus
  11. Dok, kucing saya kawin tgl 7 desember kata dokter disini prediksi kelahirannya tgl 7 februari skrng. Tpi sampai skrng masih belum ada tanda2 akan melahirkan dan air susunya jg blum melahirkan..apa mungkin sebenarnya kucing saya tidak hamil?? Apa ada cara lain yg lbih bisa meyakinkan apakah kucing sya bnar hamil ato hamil palsu?

    BalasHapus
  12. Dok,kucing saya kawin tgl 28 desember 2013,ko smpe skrg blm lahir jg ya?apa saya perlu bwa k dkter hewan ya dok?

    BalasHapus
  13. Dok, kucing saya sudah melahirkan 1 anak, ttapi diprediksikan masih ada 1 didalam kandungannya. Karena sya pegang perunya masih ada pergerakan dr bayi yg d dlm. Nah, rentan waktu nya keluar itu lama dan lebih dari 3jam saya tunggu tidak keluar keluar. Apakah itu tidak apa apa dok? Saya khawatir sekali dengan kondisi ibunya. Nafasnya masih ngos2an. Butuh banget info secepatnya dok.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucingku juga kaya gitu, tapi anaknya mati setelah melahirkan tetapi perutnya masih besar dan masih ada jendolan kepala di perutnya. Yg anehnya dia tetap keliatan normal dan masih berbafsu makan, sudah satu hari setelah dia melahirkan. Saya mau bawa ke dokter takut biayanya mahal.
      Apa yg terjadi pada kucing kamu? Kamu lakuin apa sama kucingnya?

      Hapus
    2. Kucingku juga kaya gitu, tapi anaknya mati setelah melahirkan tetapi perutnya masih besar dan masih ada jendolan kepala di perutnya. Yg anehnya dia tetap keliatan normal dan masih berbafsu makan, sudah satu hari setelah dia melahirkan. Saya mau bawa ke dokter takut biayanya mahal.
      Apa yg terjadi pada kucing kamu? Kamu lakuin apa sama kucingnya?

      Hapus
  14. Ad yg bilang kucing st melahirkan tdk mau adnya cahaya apalg smpai d lihat manusia..kmrin kucing sy melahirkan krn ank prtmanya mati saat dy melahirkan lg st liatin krn panik..tapi mla anknya dmakan semua dok? itu gmna? skrg kucing sy sering skli minta d urut perutnya stelah mlahirkan..

    BalasHapus
  15. Dok kucing saya kenapa anaknya gak ada yang mirip sama warna induk atau bapaknya padahal induk dan bapaknya sama satu jenis kucing persia himalaya .jadi anak siapayah

    BalasHapus
  16. Dok kucing tetangga melahirnya aneh.. 4 sudah keluar duluan yg 1 ekor baru keluar 2 minggu berikutnya sehingga ada perbedaan jelas proporsi badan n mata yg terakhir lahir belum melek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang bisa begitu? Kemungkinan kucing aku anaknya didalam masih hidup? Soalnya dia melahirkan anak yg belum sempurna alias prematur. Tapi setelah melahirkan perutnya besar dan masih menonjol kepala diperutnya, nafsu makan dan kesehatannya juga baik. Saya khawatir dari kemaren gak ada yg jawab :(

      Hapus
    2. Emang bisa begitu? Kemungkinan kucing aku anaknya didalam masih hidup? Soalnya dia melahirkan anak yg belum sempurna alias prematur. Tapi setelah melahirkan perutnya besar dan masih menonjol kepala diperutnya, nafsu makan dan kesehatannya juga baik. Saya khawatir dari kemaren gak ada yg jawab :(

      Hapus
  17. Dok mau tanya....gak jadi dech, dokternya jarang jawab sich

    BalasHapus
  18. Dok mau tanya, kok kucing saya ingin lahiran, tetapi mengapa yang ingin keluar seperti lendir yang dibungkus, itu apa ya dok? Mengapa seperti itu? Tolong kallau ada yang bisa bantu tolong jawab, karena saya khawatir dengan kucing saya...

    BalasHapus
  19. Bagaiman kalau mau tahu kucing yg kita beli baru habis melahirkan atau hamil. Soalx saya beli kucing kayak ada ciri2 hamil tapi pas sya beli kmaren ada anak kucing 2 warna putih persis seperti indukx warna putih sya nanya ke yg punya katax bukan itu kucibg tmanx, sya bngung nih kucing sya habis mlahirkan atau hamil prnah pas ngebersihin kandang ada air susux keluar. Mohon pnjelesanx min. Tks

    BalasHapus
  20. Bagaiman kalau mau tahu kucing yg kita beli baru habis melahirkan atau hamil. Soalx saya beli kucing kayak ada ciri2 hamil tapi pas sya beli kmaren ada anak kucing 2 warna putih persis seperti indukx warna putih sya nanya ke yg punya katax bukan itu kucibg tmanx, sya bngung nih kucing sya habis mlahirkan atau hamil prnah pas ngebersihin kandang ada air susux keluar. Mohon pnjelesanx min. Tks

    BalasHapus
  21. Dok..saya mau nanya kucing saya udh mau melahirkan jum'at kemarin karena air ketuban nya udh pecah dan ada darah, tetapi smpai senin skrng belum juga melahirkan dok.. apakah anaknya masih hidup di dalam perut induknya dok? Atau masih bisakah induk kucing melahirkan dok?

    BalasHapus
  22. Dok,apakah asi dari indukan kucing yg sudah kawin lg.asi nya mengandung racun? Karna anakan kucingku baru saja mati jam 00.00 6 Okt 2019. Padahal td pagi dia msh lari2,msh makan,nyusu ��

    BalasHapus
  23. Dok kucing saya yg bunting di pagi hari mengeluarkan cairan berwarna kuning kemerahan, kemudian siangnya tiba tiba ngeden dan keluar seperti ekor. Namun kucing saya ngedennya kesusahan dan yg seperti ekor tidak kunjung keluar sepenuhnya. Solusinya bagaimana ya dok, dibiarkan sampai keluar sendiri atau perlu dibawa ke dokter

    BalasHapus
  24. Dok kucingku keadaan hamil dan sudah keluar air susunya tapi sampai sekarang belum lahiran kenapa ya .sudah 3 minggu keluar asinya , biasanya seminggu mau lahiran udah keluar asinya ini udah 3 minggu keluar asinya tapi belum lahiran

    BalasHapus
  25. Dokk kucing saya lusa baru melahirkan tetepi cuman 1... dan air asinya tidak keluar tau tau pagi ini saya lihat anaknya mati bagaimna ya dok ini dia keluar darah terus dari vagina saya harus bagaimana??

    BalasHapus
  26. Dok kucing saya sedang menyusui tapi kok puting nya kaya kotor gitu trus ada hitam" Nya dan bulunya pas disebelah putingnya itu lengket, itu infeksi, kotor, atau kena air susu ya dik

    BalasHapus
  27. Dok mau tanya kucing saya hamil puting nya saya pencet udah keluar air susu. Tpi kok kucing saya masih hamil birdhi lagi. Ap boleh dikawinkan dok....?

    BalasHapus
  28. Casino Slot Games - MapyRO
    Find 화성 출장샵 Casino Slot Games at MapyRO. 안양 출장안마 Casino Slot Games 양주 출장안마 This website uses cookies to improve your experience and traffic ranking. Your site uses cookies 제천 출장샵 to 여수 출장마사지 improve

    BalasHapus