Selasa, 20 Desember 2011

Bagaimana Caranya untuk Memandikan Kucing?

Salam Hangat...

Semua tentu menginginkan hewan kesayangan dirumah selalu dalam keadaan bersih dan tidak berbau, yang artinya hewan kesayangan kita tersebut haruslah rutin dimandikan. Anjing adalah hewan yang sangat senang bermain, bagi anjing kegiatan mandi merupakan salah satu arena bermain namun bagaimana dengan kucing? Nah, kita semua tentu tahu bahwa kucing sangat benci dengan air(kecuali air untuk mereka minum tentunya..)


Ada beberapa alasan mengapa kucing(dan juga anjing) perlu mandi yaitu :
  1. Anakan. Jika kitten baru lahir sampai dengan usia 2bulan biasanya induk masih sering memandikan/membersihkan tubuh anak-anaknya sendiri sehingga kita sering tidak mengetahui kitten tersebut buang air/buang kotoran. Seiring bertambahnya usia seringkali mereka buang kotoran sembarangan sehingga urin/kotorannya menempel di bulu. 
  2. Usia tua. Terkadang hewan tua(diatas umur 8 tahun) kesulitan membersihkan tubuhnya sendiri (self-grooming), untuk itu kita perlu membantu memandikan atau memandikan beberapa bagian tubuhnya.
  3. Memiliki gangguan kulit-bulu, misalkan kutu dan jamur. Untuk ini mereka harus dimandikan dengan sampo formula disesuaikan dan dilakukan rutin untuk mempercepat kesembuhan.
  4. Menginjak atau terpapar bahan kimia yang berbahaya. Dikarenakan kebiasaan kucing yang selalu menjilati bulunya maka bila mereka terkena bahan kimia berbahaya misal : cat, minyak tanah, racun tikus; akan membahayakan kucing itu.bila ingin memandikan kucing anda sendiri di rumah. 
Bila anda ingin memandikan sendiri kucing anda di rumah, coba perhatikan beberapa gambar dibawah ini :


Gunakan sprayer untuk memudahkan membasahi bulunya. Mulailah selalu membasahi dari arah belakang tubuh dan pegang serta tahan badannya agar geraknya terkontrol.



Beberapa kucing yang terbiasa mandi sedari kecil akan menurut saja bila dimandikan tanpa kita perlu repot memegang dan menahan tubuhnya.



Meletakkan diatas kloset atau ditempat yang tidak tergenang air untuk mencegah air yang kotor dan busa kembali menempel diatas bulunya setelah kucing selesai diberi shampo dan dibilas dengan air bersih.



Beberapa orang menggunakan wastafel untuk memandikan kucing 
agar gerak kucing dapat terkontrol lebih baik



Bagian wajah/depan kucing cukup diusap dengan tangan yang sudah dibasahi larutan sampo atau menggunakan kain (waslap)yang juga sudah dibasahi dengan larutan sampo. Tahapan ini bisa dilakukan di awal atau di akhir proses memandikan kucing tersebut. JANGAN sekali-kali menyiramkan air langsung diatas kucing karena dikuatirkan air tadi masuk kedalam telinga kucing yang nantinya dapat menimbulkan infeksi.

Beberapa hal lain yang harus diperhatikan saat memandikan kucing :
  1. Gunakan air hangat, bukan air panas. Terutama untuk kitten. Kucing dewasa yang sehat tidak akan masalah bila kita gunakan air dingin saat memandikannya. Tapi ingat, dingin disini berarti sama atau lebih rendah sedikit dari suhu ruang.
  2. Siapkan handuk tebal atau handuk yang lekas menyerap air agar usai mandi kucing dapat segera dikeringkan atau paling tidak lebih banyak air yang terserap dalam handuk. Beberapa orang menggunakan lap "kanebo" karena lap seperti ini mudah menyerap air.
  3. Telinga harus jauh dari air atau akses air tidak mudah masuk telinga. Sebelum mandi, bisa diberikan kapas untuk menutup telinga kucing yang akan dimandikan.
  4. Carilah bantuan. Bila anda merasa tak sanggup memandikan sendirian, ajak satu orang untuk membantu anda menahan tubuh dan geraknya.
  5. Selesai memandikannya segera keringkan dengan hairdryer/blower. Jika bulu sudah setengah kering mulailah menyisir sedikit dan hati-hati agar mudah disisir jika bulu sudah kering sepenuhnya. Untuk penggunaan hairdryer jangan terlalu dekat pada kulit dan bulu karena mengakibatkan bulu tidak kering sempurna.
  6. Beri makan atau snack kesukaannya setelah ia selesai mandi dan bulunya sudah rapi dan kering sebagai tanda permintaan maaf karena ya...sekali lagi kami ingatkan, kucing sangat tidak suka mandi :)


Demikian beberapa hal yang semoga bisa membantu anda jika anda ingin memandikan sendiri kucing kesayangan anda. Ingatlah untuk selalu memperlakukannya dengan hati-hati dan jangan kasar sekalipun mereka memberikan perlawanan yang mungkin dapat melukai anda.
Pertanyaan anda kami tunggu di twitter kami @dokterhewanku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar