Jumat, 18 November 2011

Potong Kuku Yuk! Hati-hati ya..

Salam Hangat...

Rutinitas manicure dan pedicure tidak hanya untuk manusia saja, hewan kesayangan pun membutuhkannya. Walaupun (terutama)kucing selalu mengasah kuku-kukunya sehingga terkadang merusak beberapa bagian dari sofa di rumah, tetap kita harus selalu memperhatikan panjang kuku hewan kesayangan tersebut.

Tujuan dari potong kuku secara rutin adalah menghindari pertumbuhan kuku yang terlalu panjang, kuku yang terlalu panjang juga cenderung pecah, rapuh bila patah dan menimbulkan luka bisa mengakibatkan infeksi


Gambar diatas menunjukkan pertumbuhan kuku yang terlalu panjang sehingga tumbuhnya tidak teratur dan malah menusuk "daging" di daerah sekitar kuku dan ini akan mengakibatkan anjing/kucing kesakitan. Namun perlu diingat baik-baik, hewan sangat merasa tidak nyaman ketika kita memotong kukunya sehingga perlu hati-hati dan diperlukan tenaga terlatih untuk memotong kukunya.

Bila anda ingin melakukan potong kuku hewan anda sendiri, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memotong kuku hewan kesayangan kita. 

Bagian kuku yang harus dipotong

Dari gambar diatas menunjukkan bahwa kita bisa memotong kuku dibagian yang diberi keterangan "Cutting Line" itu adalah kuku yang bebas dari aliran pembuluh darah. Sementara bagian yang diberi keterangan "Quick" adalah bagian kuku yang mengandung ujung dari pembuluh darah sehingga bila terpotong mengakibatkan pendarahan. Coba liat gambar dibawah ini supaya jelas. Yang perlu anda hindari adalah bagian yang berwarna pink.


Alat pemotong kuku. Ada 2 tipe gunting khusus memotong kuku hewan. Tipe "Guillotine" untuk anjing ras kecil/kucing dan "Scissor" untuk hewan dengan kuku yang tebal.

Handling hewan saat dipotong kukunya.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, proses potong kuku adalah salah satu prosesi yang dihindari oleh para hewan kesayangan kita selain acara mandi bagi si kucing. Hewan tentunya akan bertingkah banyak dan bahkan akan sangat sulit di handling atau di atasi sehingga seringkali kita salah memotong bagian kukunya dan bahkan memungkinkan sekali terjadi dislokasi atau "keseleo"  utamanya untuk anjing ras kecil seperti Mini Pinscher dikarenakan kita terlalu kuat memegang dan menahan supaya anjing tidak bergerak agar kukunya tidak berdarah namun malah mengakibatkan keseleo pada (salah satu) kakinya. Mintalah selalu bantuan orang lain yang bisa meng-handle si anjing/kucing. Untuk anjing ras kecil, coba balutkan handuk tebal diseluruh badan anjing (tentunya tanpa menutup kuku-kukunya yang akan dipotong) yang bertujuan membatasi gerak anjing dengan lebih aman. 






 ingat! jangan sampai menutup kuku yang akan dipotong ya..

Setelah semuanya sudah siap, mulai potong kuku dengan cepat tapi jangan kasar. Untuk kuku yang berwarna hitam coba potong kuku perlahan sedikit demi sedikit, sisakan agak banyak daerah yang dekat dengan "quick area" namun bila terlanjur memotong quick area dan terjadi pendarahan jangan panik, ambil tissue dan tekan-tekan perlahan tapi mantap di bagian yang mengalami pendarah tapi jangan menggosok bagian tersebut, cukup ditekan perlahan saja. Bubuhkan sedikit bubuk "styptic powder" untuk membantu proses pembekuan darah sekaligus sebagai antiseptik. Bila tidak ada styptic powder pada saat itu bisa menggunakan baby powder atau kapas kering dan tekankan cukup kuat, tapi baby powder seringkali kurang efektif. Styptic powder bisa didapat di petshop atau di tempat praktek dokter hewan.

Bila semua prosesi telah usai, beri hadiah dan pujian setelah usai memotong kukunya. Lakukan kegiatan ini sejak hewan kesayangan masih kecil sehingga saat dewasa ia sudah tidak terlalu takut dan lakukan rutin setiap 2 minggu sekali bersamaan dengan mandi rutin. 

Pertanyaan lebih lanjut, follow kami di twitter @dokterhewanku

Sumber : www.lakesidevet.com

2 komentar:

  1. Apakah ada efek setelah memotong kuku kucing? Karena kucing kami setelah dipotong kuku nya menjadi lumpuh total bagian kakinya. Apakah ada solusi utk kembali normal lagi? Terima kasih

    BalasHapus
  2. Kak mau nanya aku potong kuku kucing nya terlalu pendek dan mengakibatkan berdarah apa ada efek samping nya??? Mohon jawaban nya ya kak :"( aku takut kucing aku kenapa kenapa cuman gara gara potong kuku ke pendekar

    BalasHapus