Rabu, 02 November 2011

Kenapa kelinci saya tiba-tiba mati?

Salam Hangat...

Beberapa saat yang lalu ada followers kami yang bertanya mengapa kelinci-nya mati mendadak sementara di sehari sebelumnya ia nampak lincah dan baik-baik saja serta tidak ada keluhan sehubungan dengan nafsu makannya. Ditambah ada kawan dari followers kami yang juga menyatakan bahwa kelincinya dalam 2 minggu terakhir meninggal sebanyak 7ekor. Pertanyaan mereka, benarkah terjadi wabah penyakit kelinci yang mengakibatkan kelinci mereka meninggal mendadak dan dalam jumlah banyak?


Sebenarnya banyak hal yang harus diamati. Kemungkinan yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
  1. Jenis makanan. Makanan kelinci ada 2 jenis. Makanan kering/pellet dan Makanan basah seperti sayur dan rumput. Makanan kering cenderung lebih aman, lebih steril hanya saja kelinci tetap membutuhkan serat dan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Makanan basah yang harus diperhatikan yaitu jenis sayuran seperti kangkung dan kubis yang merupakan sayuran dengan potensi produksi gas yang tinggi, yang dapat mengakibatkan banyak gas memenuhi saluran cerna kelinci dan bila kondisi tersebut berlanjut mengakibatkan kelinci sakit perut dan usus yang terus mengembang akan mendesak diafragma yg lama kelamaan akan menghalangi saluran pernafasan sehingga kelinci akan sulit bernafas dan meninggal. Tapi ada kalanya kelinci tetap baik-baik saja sekalipun sehari-harinya diberi makan kangkung karena frekuensi pemberian yang tidak terlalu sering ataupun terlalu banyak karena kelinci merupakan hewan pengerat yang akan selalu memiliki kebiasaan mengigit-gigit seperti  halnya tikus, jadi diberi kangkung berapa ikat sekalipun jika dia memang lapar atau ingin mengerat maka ia akan tetap memakan apa saja yang ada didepannya. Makanan utama kelinci memang rumput, jadi sebaiknya sediakan pula rumput bila jenis pakan utama kelinci anda dirumah adalah pelet/pakan kering.
  2. Predator. Boleh jadi memang kelinci anda aman didalam kandangnya, tapi tetap berhati-hatilah pada tikus yang badannya berukuran besar. Tikus akan tanpa ragu-ragu menyerang kelinci anda terutama bila kelinci anda masih berusia muda/berukuran kecil.
  3. Tanggal kadaluarsa makanan. Hal ini paling mungkin terjadi pada makanan kering/pellet. Selalu ingat untuk selalu mengecek kembali tanggal kadaluarsa pakan kering yang anda beli dari supermarket/petshop. Makanan kadaluarsa akan ditumbuhi bakteri yang berbahaya bagi saluran cerna kelinci.
  4. Intoksikasi/ Keracunan. Banyak zat kimia berbahaya disekitar kita yang tidak tampak terutama dari alat-alat rumah tangga. Pastikan kelinci anda tidak bebas berkeliaran disekitar benda/bahan yang mengandung kimia berbahaya seperti sabun, racun serangga/racun tikus, cairan pembersih lantai dan sejenisnya, karena keingintahuan mereka seringkali tanpa sepengetahuan kita jika mereka dibiarkan berkeliaran bebas dalam rumah.
  5. Kebersihan kandang. kandang yang baik adalah kandang yang minim kontak antara kotoran (baik feses maupun urin) dengan badan kelinci itu sendiri. Pastikan setiap kali mereka buang kotoran, kotorannya tidak tergenang/berserakan didekatnya. Jikalau memungkinkan, setiap mereka buang kotoran harus selalu dibersihkan. Sebaiknya pilih kandang yang mana alasnya renggang sehigga saat mereka buang kotoran, kotorannya akan keluar/terjatuh dari kandang. Kandang juga sebaiknya mendapat sinar matahari pagi yang cukup untuk membantu tetap kering/meminimalkan tingkat kelembaban. 
Nah.. 5 poin diatas itu merupakan faktor umum yang patut dicurigai. Bila rasa ingin tahu tak kunjung terobati, maka minta dokter hewan melakukan tindak nekropsi/bedah bangkai untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perubahan apa yang terjadi didalam tubuh kelinci tersebut.
Pertanyaan lebih lanjut follow kami di @dokterhewanku

58 komentar:

  1. iya bos,pnyaku jga gtu....
    bner2 kudu ekstra..skrng sbagian yg kecil aku lepasin aja

    BalasHapus
  2. Dokter, anak saya baru memelihara 2 hari, kelinci mati dua hari berturut-turut. sblmnya kelinci itu sehat2. Perlu diketagui, kandangnya bekas kandanga ayam dan diletakkan di luar rumah. kandang itu tanpa kerudung. apa karena kedinginan?

    BalasHapus
  3. kelinciku jg langsung mati abis makan kobis bos

    BalasHapus
  4. Kalo kebersihan terjaga trus makan teratur....knapa bisa tetap mati dok????

    BalasHapus
  5. @harwono madiun : klo di bawah umur 3 bulan dan belum pernah piara kelinci sebelumnya lebih baik baca2 artikel ttg kelinci dulu karena kelinci di bawah 3 bulan sangat rentan.

    @anonim : kobis adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung gas, kemungkinan kelinci anda masih kecil dan pencernaannya belum kuat dan terjadi lah kembung.

    @anonim : kebersihan terjaga dan makan teratur, makan yang di berikan bisa lebih rinci?? kemungkinan terbesar faktor makanan yang di kasih nya

    BalasHapus
  6. Sebenarnya kejadian ini paling sering terjadi saat mereka membeli anakan kelinci yg terlalu kecil :)

    BalasHapus
  7. Bnr barusan kelinciku mati hik hik hik

    BalasHapus
  8. Ia ini baru aja kelinci q jg mati. Aq kasih makan kangkung trs tiap hari n dy suka bgt. Sehari kmaren pantas aja gk d hbsin kangkungnya,pdhal biasanya cpt hbsinnya. :-'( semalam aq terakhir mainan sm kelinci kecil q. Kasihan cmn seminggu dy sm qta d rmh.

    BalasHapus
  9. Sedih yaaaa kalo kelinci kita mati

    BalasHapus
  10. Kelinciku juga mati tadi sore pas saya lagi kuliah tiba2 dikabarin kalo kelincinya sudah ada diluar kandang dan dihalaman rumah dgn badan yg kaku. Itu knp ya?:( padahal makanannya juga pelet dan wortel sama minumannya air mineral, kandang pun juga setiap saat dibersihkan karna kencing kelinci menyengat baunya jadi ga betah kalo dia udah pipis. Tapi knapa bisa mati tiba-tiba ya dok?:(((;

    BalasHapus
  11. dok, kalo kelinci kehujanan/kebasahan, dapat menyebabkan kematian ga?

    BalasHapus
  12. dok, kalo kelinci kehujanan/kebasahan, dapat menyebabkan kematian ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bos.. kemarin kehujanan paginya mati T_T

      Hapus
  13. kelinciku jg mati.. emng dari awal udh kurus bgt trus makannya lebih sedikit dari pada yg cwo

    BalasHapus
  14. Baru beli kelinci kayanya dibawah 2 bulan saya kasih daun sledri eh mati fix saya sudah berdosa ini

    BalasHapus
  15. Dok kelinci saya mati dengan mulut berdarah, lidah digigit dan sedikit kluar. Padahal waktu saya pergi ke sekolah, dia sehat, makan lahap. Tolong jawaban nya dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kelinci aku tiba tiba mati kuar darah

      Hapus
  16. Pelihara kelinci belum seminggu udah mati😭 dikasi makan kubis sm wortel. Tadi pulang kerja sempetin beli pellet, sampe rumah eh kelincinya udah mati. Padahal kata ibuku tadi kelincinya sehat2 aja.. Kenapa bisa mati mendadak gitu ya??

    BalasHapus
  17. Pelihara kelinci belum seminggu udah mati😭 dikasi makan kubis sm wortel. Tadi pulang kerja sempetin beli pellet, sampe rumah eh kelincinya udah mati. Padahal kata ibuku tadi kelincinya sehat2 aja.. Kenapa bisa mati mendadak gitu ya??

    BalasHapus
  18. kenapa kelinci bisa tiba" mati pdhl 1 jam seblmnya masih sehat lincah ga ada tanda" sakit/lemas/ga nafsu mkn? sayur yg saya kasih saya variasikan antara kangkung, wortel, caisim dan diberikannyapun berkala.. kandang bersih, sm sekali ga ada kontak sama kotoran karena alas kandangnya berlubang" dan kotoran dibersihkan setiap hari. selama 2 mgg baik" saja. mohon informasinya.. terima kasih

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Saya punya 7 anak kelinci belum ada sebulan umurnya, mereka pada lincah dan suka keluar dari boxnya, sampe akhirnya pada suatu pagi sepertin biasanya saya bersihkan kandang, udah banyak darah dimana2..saya cek ternyata anak kelinci saya digigit tikus dari bawah kandang, mati 4 dan ada beberapa yg putus kakinya, yg 2 jalannya sedikit pincang sepertinya kena gigit dan yg 1 masih dalam perawatan karna satu kaki dan satu tangan luka kena gigitan tikus sampe terlihat tulangnya, gmn cara saya merawat yg luka ya, dan dia juga tidak ada nafsu makan atau menyusui sama induknya...mohon informasinya, terima kasih

    BalasHapus
  21. barusan kelinci saya mati, padahal kandangnya saya bersihkan tiap kasih makan. makanannya juga cuma saya kasih rumput dan wortel, minumnya air mineral. tadi pagi sebelum berangkat kerja dia baik baik aja, pas siang dapet kabar dia udah mati dengan badan kaku :( itu kenapa ya dok?

    BalasHapus
  22. Tadi pagi kelinciku masih baik2 aja dok, aku tinggal 4 jam eh tau2 udh mati 😭😭😭 pdhal belom ada satu minggu miara kelinci.. di mulutnya masih ada makanannya dok.. knp ya?

    BalasHapus
  23. Capek pelihara kelinci ...mati melulu. Makanan rumput ada. Pelet ada. Kandang bersih dan hangat.... mati melulu....

    BalasHapus
  24. Capek pelihara kelinci ...mati melulu. Makanan rumput ada. Pelet ada. Kandang bersih dan hangat.... mati melulu....

    BalasHapus
  25. Kelinci mmg susah dipelihara. Sy sdh beli 3x. Mati smua. Yg pertama beli 2ekor. 1nya mati dlm seminggu. Kupikir kehujanan. Tp yg 1 sehat.kubeliin1 lg malah lgsg sampe rmh mati.salah milih kyknya kelinci sakit.yg 1 mayan awet 3mingg tp akhirnya hariini mati.perutnya buncit bgt. Mmg bbrp hariini mkn kangkung terus. Ternyata akibat kangkung trs dia mati. Pdhl lincah...

    BalasHapus
  26. Bayi kelinciku baru 5 hari.,sejak lahir saya pisahkan dari induknya katna gak mau nyusuin dan punya sifat kanibal..kelihatan sehat sehat bayinya tapi setelah beberaoa hari bayi kelincinya kejang kejang gitu pucat dan kaku.,itu solusi dan penyebabnya apa ya..mohon bantuannya..makasih..

    BalasHapus
  27. Kak kalo kelinci udah umur lebih dari 4 bulan di lepas di ruangan ada tikusnya mati ato enggak

    BalasHapus
  28. Kenapa kelinci saya mati tiba-tiba setiap pagi. Padahal pas malam masih sehat. Kelinci yang mati tidak suka pelet sukanya wortel terus. Jenis kelincinya persia. Sudah 3 kelinci saya mati setiap pagi padahal pas subuh diliat masih sehat. Tolong infonya..

    BalasHapus
  29. kelinciku juga mati tadi malam, penyebab kematiannya masih bingung. pas pulang kerja tiba2 udah mati padahal siangnya masih sehat2 aja. cuma temannya yg satu lg mencret pupnya, kayaknya diare. aku kasih makan kangkung wortel dan jagung muda, pdhl baru beli 3 hari yg lalu, tapi Tuhan berkehendak lain. emang susah ya melihara kelinci apalagi kelinciku ini masih kecil2 bgt. Mungkin karna kebanyakan makan :'(

    BalasHapus
  30. Kelinciku baru aja mati sedih banget yatuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku jiga baru 3 hari beli sdh mati satu..katanya terlalu banyak makan rumput peeutnya jadi kembung dan susah bernapas...

      Hapus
  31. Kkelincimu mati... ya beli lagi yg lebih agak gedean supaya lebih mudah memeliharanya...karena kalau terlalu kecil rentan dgn stress dan adaptasi makanan yg tidak sama dgn kebiasaan dikandang asalnya

    BalasHapus
  32. bru sja spasang klinci pliharaan anak sya mati, p mngkin krena dbri makan wortel o y spasang klinci itu msih brumur 3blan

    BalasHapus
  33. Kelinci saya mati barusan 2 sekaligus...pup nya nempel mnutupi anus sampai tebal banget,sore dbw ke penjualnya lalu dikasih suntikan pas saya tanya ktnya itu obat utk diare...tp mlmny kejang" dan mati...mohon infonya penyebab matinya apa krn diare atau karena dsuntik...sedih banget pdhal sdh bertahan 2 minggu dan aktif banget kelincinya

    BalasHapus
  34. 😭😭😭😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  35. Kelinci saya tiba² begitu mati kenapa y.

    BalasHapus
  36. Dalam 1 hari kelinci saya mati semua
    Padahal baru beli😭

    BalasHapus
  37. Bli kelinci sepasang..sehat'..seminggu yg jantan mati krn ga mau makan..pdahal lincah bgt..yg betina 3minggu dplihara pgi td mati mendadak jg..pdhal kmarn msh lari'an dhalaman..sedih merasa berdosa..kandang stiap hari 2x dbersihin..makanan wortel sama pelet..tp mati mendadak gtu..kenapa yaa?ap krn stress sendirian..

    BalasHapus
  38. Kelinci saya masih melek.tapi badan kaku. Mau ngubur bingung ini udah mati apa belum. Jadi gag tega takutnya kalo masih hiduo

    BalasHapus
  39. Aku beli kelinci sepasang, baru tiga hari langsung mati. Selama aku pelihara, aku ngasih mereka wortel dan kangkung sebagai makanannya. Sedih banget karna tiba2 mati. Badannya kaku gitu :'

    BalasHapus
  40. Mau tanya dong beli kelinci udh 2 kali mati muli 4 biji , dikasi makan merk NOVA , BRITER BUNNY sma rumput HAY
    Pagi masih lincah2 aja siangnya mati , apa krna ga cocok ya makanannya ?? Respon dong yg tauu :( , masi pengen miara kelinci tapi takut mati mulu :'(

    BalasHapus
  41. Sedih banget, baru 1 Minggu di rawat yang betina tiba2 mati padahal siangnya dia sehat2 aja, makan lahap, kebersihan kandang juga terjaga, tapi memang masih kecil sih, aku sangat berdosa sekali :((

    BalasHapus
  42. Kelinciku juga mati masal dok.. Kemaren siang ku kasih makan timun.. Biasanya emang gak pernah. Terus ama suami dikasih rumput* an dan konsentrat seperti biasa..
    Yang salah di timunnya apa di mananya ya..?

    BalasHapus
  43. Tolong rekomendasikan makanan kelinci yg bener* bagus dong dok.. Biar gg mati mulu

    BalasHapus
  44. Kelinciku knp tiba"kok mati ya dok. Pdhl kemaren baik"aja g keliatan sakit atau gmn gitu. Pagi tadi tau" udh mati. Binggung dan penasaran aja matinya tu krn apa dan knp bikin sedih...

    BalasHapus
  45. Dok knp ia kelinci saya tiba tiba mati pdhl gesit tiba tiba kejang dan mulut keluar darah .. Dan mati

    BalasHapus
  46. saya melihara sepasang kelinci, yg cowo memang bandel bgd suka nyelos kandang jadi berkeliaran keluat kmana mana, akirnya bagian bawah kandang saya tutup pakai kertas kado biar kelinci yg cowok gk kluar terus, eh tiba-tiba paginya saya liat yg ceweknya malah mati, padahal smlem sblum tidur saya kasih makan dan minum mrka masih gesit , itu knpa ya? a

    BalasHapus
  47. Kelinci anak saya juga tiba-tiba mati. Leshe namanya. Kita pelihara dia dari bayi sampai umur 3 tahun. Kita sekeluarga sedih sekali, terutama anak saya. Kelincinya sudah dekat dan nurut banget. Gemuk, bersih dan lincah. Dia kami kubur di pemakaman khusus hewan. Kami sangat kehilangan.

    BalasHapus
  48. Saya sedih juga kelinci Saya setelah seminggu Saya pelihara tiba2 pagi siangnya masih lincah malamnya gak mau makan setelah itu mati

    BalasHapus
  49. Dok, kelinci sy tiba2 mati sebelum dia mati dia kaya keselek sesuatu gitu, trus aku kasi minum tpi gk ada perebahan padahan sebelum aku nemuin dia kejang2 itu masih sehat aja

    BalasHapus
  50. Dok ,saya baru beli kelinci Dua .
    Dalam perjalanan dua kelinci dimasukin kardus.

    Trus nyampek rumh satunya itu diem aja
    Trus lemes
    Sekaratul maut.

    Itu kenapa ya.

    BalasHapus
  51. Dok,kelinci sy sebelum mati masi gerak gerak trus tidak bisa berdiri abis itu mati.....itu kenapa ya dok ??

    BalasHapus