Senin, 02 April 2012

Menjadi Pengunjung Dog/Cat Show yang Baik.

Salam Hangat...

Tentunya kita tidak asing dengan kontes untuk hewan seperti cat show ataupun dog show. Sebuah acara yang layak dikunjungi karena disana kita bisa belajar banyak mengenai jenis anjing/kucing serta tak jarang bisa bertemu dengan sesama penghobi dan bisa saling bertukar informasi.
Namun tak jarang ketika kita menghadiri acara tersebut, kita terlampau antusias sehingga kita merasa ingin memegang, mengajak kenalan atau bahkan memeluk anjing/kucing peserta kontes tersebut sebab anjing/kucing peserta kontes tersebut merupakan jenis anjing/kucing dengan perawatan ekstra baik dan kualitas yang baik pula.
Tetapi...ada baiknya kita mengikuti beberapa aturan tidak tertulis agar kita tidak mengganggu jalannya acara dan bisa menikmati acara dengan baik.

Berikut diantaranya adalah :
  1. Jangan membelai/memeluk tanpa ijin dari handler(pemilik) anjing/kucing yang sedang mengikuti kontes.  Anjing/kucing yg mengikuti kontes, dipersiapkan secara menyeluruh dan dengan sangat hati-hati sekali dikuatirkan tangan kita mungkin kotor(berminyak) sehingga bila kita membelainya, dikuatirkan akan merusak tatanan bulu(rambut) yang sudah dipersiapkan tersebut. Saat handler mengijinkan kita untuk membelai anjing/kucing tersebut maka sapa mereka dengan baik. Untuk anjing, biarkan mereka mengendus tangan kita terlebih dahulu, jika ia tidak agresif atau menunjukkan ekspresi baik-baik saja maka anda bisa mulai membelainya. Anda dapat menggaruk/membelai mereka di leher, belakang kepala dan dada.
  2. Jangan menganggu handler yang sedang mempersiapkan anjing/kucing yg akan tampil. Sebaiknya tunggulah sampai mereka selesai jika anda tertarik dengan jenis(breed) atau cara merawat anjing/kucing yang akan tampil tadi. Jika tidak mintalah kartu nama, sehingga anda bisa mendatangi langsung di rumah untuk berkonsultasi lebih lanjut. 
  3. Jangan mendekati pintu masuk "show area"(panggung/ring) karena hanya akan menghalangi handler yang akan tampil. Tentunya panitia menyediakan area untuk penonton. 
  4. Jaga anak-anak supaya tidak mengganggu anjing/kucing yang akan tampil. Dikuatirkan anjing/kucing tiba-tiba menjadi agresif. Jaga supaya tangan anak anda tidak sembarangan masuk kedalam kandang anjing/kucing. Sebab sekalipun anjing/kucing yang mengikuti kontes adalah hewan yang terlatih namun suasana cat/dogshow yang ramai bisa sebagai pemicu stress sehingga hewan menjadi lebih mudah marah/agresif.
  5. Jangan makan/membawa makanan didekat show area(panggung/ring). Utamanya pada dogshow. Meski mereka terlatih, dikuatirkan ini dapat mengganggu perhatian anjing yang akan tampil.
  6. Tinggalkan hewan peliharaan anda dirumah. Hal ini untuk mengingatkan anda bahwasanya di dalam cat/dog show merupakan tempat dengan banyak hewan berkumpul. Sekalipun mereka semua nampak sehat, tetapi kita tidak akan pernah tau apakah mereka 100% sehat atau mungkin ada hewan yang sehat tetapi membawa agen penyakit. Untuk meminimalkan hewan anda tertular penyakit, sebaiknya hewan peliharaan anda tidak dibawa serta. 
  7. Kenakan pakaian yang nyaman. Baiknya gunakan pula sepatu yang nyaman untuk menyaksikan dogshow yang seringkali diadakan di luar ruangan. Hal ini agar anda dapat menyaksikan acara dengan nyaman. 
Any question? Kindly mention us on twitter @dokterhewanku ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar