Senin, 02 April 2012

Cara yang baik untuk memulai berkenalan dengan anjing.

Salam Hangat...

Semua orang mengetahui bahwa anjing adalah "man's best friend" tetapi masih banyak yang tidak berani untuk berdekatan apalagi berkenalan dengan hewan yang pintar dan bersahabat ini. Ada beberapa juga yang sudah terbiasa bergaul dengan anjing namun berjumpa dengan anjing lain untuk pertama kalinya pun juga anda tetap harus tidak gegabah karena anjing juga layaknya makhluk hidup yang lain, memiliki karakter yang berbeda satu sama lain.

Berikut ada beberapa cara yang bisa anda coba ketika anda mencoba berkenalan dengan anjing. 
  1. Saat berjumpa dengan anjing, berdiri tegak/sedikit tekuk lutut bila anjing berukuran kecil, jangan membungkukkan badan. 
  2. Jangan langsung memberi tangan dan mengelus kepala. Biarkan tangan terbuka& lihat reaksi anjing tersebut. Tangan kita yang langsung memegang kepala anjing dianggap kita mengintimidasi anjing tersebut dan anjing tidak suka akan hal itu. Namun berbeda anjing juga berbeda karakternya, ini yang perlu anda ingat :)
  3. Bila anjing mendekat, menandakan anjing tersebut bersedia berinteraksi dengan kita. Bila anjing tidak mendekat, menandakan ia keberatan untuk berinteraksi sebaiknya anda segera ambil jarak dan berdirilah disampingnya.
  4. Berdiri disamping anjing, bentuk posisi seperti huruf "C" agar anjing tidak merasa ter-intimidasi.
  5. Sapalah anjing menggunakan intonasi rendah, jangan berteriak sekalipun anjing itu kelewat lucu menurut anda :)
  6. Hindari kontak mata (terutama untuk anjing ras besar/anjing penjaga). Hindari bergerak secara tiba-tiba. Bernafaslah secara wajar, jangan takut karena beberapa diantaranya bisa merasakan rasa takut anda sehingga ia akan lebih agresif. 
  7. Ketika anjing sudah ada disamping anda, bersedia menerima anda, anda boleh membelai/menggaruk daerah sekitar belakang telinga-bawah dagu. Saat membelai/menggaruk mereka lakukan perlahan sampai anjing benar-benar nyaman berada didekat anda. 
Ingat, perlakukan anjing dengan baik dan jangan anggap mereka sama seperti manusia kecuali anda telah mengenal karakternya dengan sangat baik :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar