Rabu, 31 Juli 2013

Musim mudik sudah dekat, hewan kesayangan kamu ikut atau dititipkan?

Salam Hangat...

Lebaran sebentar lagi... sudah siapkah persiapan mudiknya? :D
Sudah menjadi tradisi di negara kita, setiap hari raya banyak orang yang bepergian menuju daerah asal untuk bertemu dan berkumpul bersama sanak saudara atau berlibur ke suatu tempat bersama keluarga. Lalu.. bagaimana dengan para pemilik hewan kesayangan yang akan mudik atau berlibur? Apakah kalian membawa serta hewan kesayangan kalian atau menitipkannya pada teman/tetangga/tempat yang khusus menyediakan jasa penitipan hewan?



Berikut ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan ketika akan menitipkan atau membawa serta hewan kesayangan dalam rangka mudik atau berlibur :

Membawa Serta Hewan Kesayangan Dalam Perjalanan
Bila membawa serta hewan kesayangan dalam perjalanan (mudik), pastikan hewan kesayangan kalian adalah tipe hewan dengan kepribadian yang tidak mudah stress, sebab jika ia mudah stress maka perjalanan tersebut nantinya akan berisiko bagi hewan kesayangan kalian. Gejala hewan mengalami stress dalam perjalanan seperti nafas terengah-engah dengan frekuensi cepat, mulut mengeluarkan liur sampai dengan muntah-muntah dan pingsan. Tentunya kalian tidak ingin perjalanan mudik kalian malah membuat hewan kesayangan kalian menderita, bukan... Oleh karena itu, bila ia memang harus dibawa serta sementara ia tipe yang mudah stress, berikut beberapa saran dari kami:
  • Periksakan kondisi fisiknya ke dokter hewan sebelum memulai perjalanan untuk mengetahui apakah ia layak dibawa serta dalam perjalanan atau tidak.
  • Bawa dan letakkan ia menggunakan "pet cargo" dan letakkan alas yang biasa ia pakai sehari-hari untuk tidur didalam pet cargo tersebut. ukuran pet cargo juga harus luas, pastikan ia masih bisa berdiri dan bergerak memutar dengan leluasa dalam pet cargo tersebut.

  • Letakkan ia dibagian yang dekat dengan kalian(masih dalam pet cargo) sehingga kalian bisa mengawasinya, sesekali berikan ia air minum(dengan bantuan pipet) atau tawari sedikit makanan. sedikit saja makanannya ya..kalau terlalu banyak(kekenyangan) dikuatirkan ia akan muntah. 

  • Bila kalian membawanya dengan menggunakan mobil pribadi, sebaiknya hentikan laju kendaraan tiap 2-3 jam sekali, selain pengemudi dapat beristirahat begitu pula dengan hewan kesayangan kalian bisa sedikit beristirahat dari perasaan stress yang sedang dialaminya dan memberinya waktu untuk berbaring dengan santai, makan dan minum. Perlu diingat, untuk perjalanan ini, kami tidak menganjurkan hewan kesayangan dibawa dalam perjalanan darat yang jarak tempuhnya terlalu jauh, maksimal masih dalam 1 propinsi, lebih dari itu risiko hewan untuk lebih stress menjadi semakin besar. 

  • Bila harus membawanya dengan angkutan darat (bis/kereta api) yang tentunya kita tidak bisa berhenti sesuka hati, maka sebelum perjalanan kunjungi dokter hewan dan tanyakan mengenai alternatif pemberian obat penenang untuk hewan kesayangan kalian agar selama perjalanan ia tidak stress. Ingat ya, obat tersebut harus atas persetujuan dokter hewan jika tidak, sebaiknya menitipkan hewan kesayangan kalian pada tempat yang kalian percaya.
Menitipkan Hewan Kesayangan
Menitipkan hewan kesayangan adalah pilihan terbaik, mengingat perjalanan mudik yang identik dengan macet sehingga lama perjalanan melebihi durasi yang seharusnya. Berikut ada beberapa hal yang harus diingat ketika kalian akan menitipkan hewan kesayangan kalian:
  • Pastikan hewan sudah lengkap status vaksinasinya. Periksa kembali buku vaksin hewan kalian, bila sudah saatnya diulang, segera bawa ke dokter hewan untuk dilakukan vaksinasi ulang. 
  • Pilih tempat/orang yang sudah dikenal dengan baik oleh hewan kesayangan kalian. Tentunya hewan akan merasa lebih nyaman pada tempat/orang yang ia telah kenal.

  • Pilih tempat penitipan hewan yang juga terdapat dokter hewan sebagai pemilik/pengawasnya, karena tentunya jika terjadi sesuatu pada hewan akan lebih cepat penanganannya.

  • Pilih tempat penitipan hewan yang bersih, memiliki sirkulasi udara yang baik di ruang penitipannya dan sebagai pencegahan, berikan obat anti kutu sebelum menitipkannya sebab kita tak akan pernah tau apakah tempat tersebut 100% bebas kutu atau mungkin saja tertular kutu dari sesama hewan yang dititipkan. 
  • Sertakan juga mainan, alas tidur, tempat makan, dan makanan serta barang-barang kesayangan hewan kalian agar ia merasa lebih nyaman sekalipun jauh dari rumah dan pemiliknya.

  • Jika menitipkan hewan untuk jangka waktu yang lama, coba luangkan waktu dan tanyakan keadaan hewan kalian disana sehingga selain kalian bisa memantau keadaannya, penyedia jasa penitipan juga akan terbantu karena telah diingatkan untuk mengecek ulang hewan-hewan yang dititipkan disana.


Demikian beberapa saran dari kami untuk kalian yang sedang bersiap melakukan perjalanan mudik atau berlibur. Selalu simpan nomer telepon dokter hewan kepercayaan anda jika sewaktu-waktu dalam perjalanan terjadi kasus darurat sehingga dokter hewan anda bisa membantu mengarahkan anda melakukan pertolongan pertama atau memberi arahan dokter hewan terdekat.
Semoga bermanfaat dan selamat berlibur... ;)

Pertanyaan dan tanggapan bisa disampaikan melalui akun twitter : @dokterhewanku ya.. Terimakasih.

2 komentar:

  1. Permisi, dok kucing saya ditinggal mudik 3 hari lalu di titipkan dirumah teman saya,saya sering menghubungi nya via video call saya liat dia baik" saja bahkan bermanja" bersama teman saya lalu setelah saya jemput dan kembali kerumah sikap nya aneh jadi agresif, itu kenapa ya dok dan gimana cara mengatasi nya? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. terimakasih atas ilmunya. jangan lupa kunjungan baliknya ditunggu di portalkelinci.blogspot.com

    BalasHapus