Rabu, 26 Desember 2012

Kenapa kucing doyan tidur? Apakah kucing juga bermimpi?

Salam Hangat...

Kucing identik dengan tukang tidur dan pemalas. Berapa banyak gambar tentang kucing yang kita temukan dari mesin pencari seperti Google dan menunjukkan aktivitas mereka yang sedang tidur atau berbaring malas. Menurut artikel yang kami baca di www.catster.com, dijelaskan kenapa kucing doyan tidur? Apakah ia sepenuhnya tertidur? Dapatkah kucing bermimpi?

kucing milik @yeyessie


kucing milik @dessycio

Berikut beberapa fakta mengenai aktivitas tidur kucing:



  1. Kucing menghabiskan waktu sampai dengan 16jam/hari untuk tidur. Pada kucing yang lebih tua, kucing dapat tidur sampai dengan 20jam/hari. Kebiasaan tidur si kucing merupakan kombinasi dari : evolusi, pemenuhan nutrisi(pakan) dan fisiologis. Di alam bebas, keluarga kucing berburu untuk mendapatkan makanan, dengan itu mereka harus mengintai, mengejar dan membunuh mangsa. Tidur membantu memulihkan energi. 
  2. Kucing tidak sepenuhnya tidur pulas. 3/4 hari dihabiskan kucing untuk tidur-tiduran(tidak sepenuhnya tidur) istilahnya "snooze mode" sehingga mereka tetap waspada namun tetap bisa beristirahat. Snooze mode pada kucing ditandai dengan mata terbuka sedikit, telinga bergerak mengikuti arah datangnya sumber suara/gerakan.
  3. Ketika kucing tertidur pulas (deep sleep), kucing pun bermimpi dalam tidurnya.1/4sisa waktunya dalam 1 hari, kucing akan tertidur pulas (mata terpejam rapat). Bila kalian pernah melihat kucing yang sedang tertidur sementara telapak-telapak kaki dan kumisnya  nampak bergerak-gerak tanpa kontrol, pertanda, bisa jadi si kucing sedang bermimpi. Kucing dengan usia lebih tua(diatas 8 tahun) bisa  menghabiskan 40% waktunya untuk tidur pula.
  4. Beberapa ekor kucing juga mendengkur ketika sedang tidur pulas. Kucing breed (ras) "hidung-pendek" seperti Persian, Himalayan dan Exotic Shorthair lebih sering mendengkur dibandingkan kucing berhidung "mancung". 
  5. Perubahan pola tidur juga merupakan tanda ada kelainan pada kucing. Memungkinkan sekali jika ia sedang sakit. Maka amati dan konsultasikan dengan dokter hewan kepercayaan anda.
Semoga penjelasan di atas bisa sedikit memberi pencerahan. Pertanyaan bisa disampaikan dengan mention kami di akun twitter @dokterhewanku :D

kucing milik @asihsri


 sumber

2 komentar:

  1. Iya, kucing ku hobi banget gerak-gerak waktu tidur. Mimpi apaan ya. Mimpi bareng cewek jangan2.

    BalasHapus