Senin, 30 Januari 2012

Kucing saya mengompol.. Kenapa ya??


Salam Hangat...

Mungkin aktivitas mengompol di benak kita hanya dialami oleh anak kecil atau manusia lanjut usia saja. Namun hewan pun bisa juga mengalaminya. Banyak faktor yang menyebabkan hewan peliharaan mengompol. Mungkin mention dari followers kami di akun twitter @dokterhewanku ini bisa jadi salah satu contoh bentuk mengompol pada kucing. 



Sehubungan dengan warna urin yang agak oranye atau lebih tepatnya kami simpulkan menjadi "kemerahan" yang artinya disini bisa saja terjadi (sedikit) pendarahan yang keluar beserta air kemih(urin) dengan frekuensi sering yang disini kami terjemahkan yaitu mungkin terjadi gangguan di saluran kemih atau ada masalah dengan kantung kemih (vesica urinaria) yang tidak mampu menahan urin sehingga urin terus menetes atau bisa saja ada sumbatan sehingga urin tidak bisa dikeluarkan dengan tuntas sementara si kucing akan terus merejan, berusaha mengeluarkan urin yang semakin penuh didalam vesica urinaria nya tersebut.
Setelah kami sarankan untuk memeriksakannya langsung, berikut tanggapannya



Oke..sampailah kita pada diagnosa : Kencing batu alias urolithiasis. Urolithiasis memang akan memberikan gejala kucing sering mengompol tapi lebih tepatnya kami menyebutnya urin yang menetes secara terus menerus dan urin berwarna kemerahan. Hal ini disebabkan kucing akan berusaha terus untuk dapat mengeluarkan urin sementara saluran urinari terdapat sumbatan (biasanya orang awam akan menyebutnya batu kandung kemih). Sumbatan inilah yang akan mengiritasi saluran urinari sehingga akan menimbulkan kebengkakan dan pendarahan sehingga urin yang menetes akan berwarna kemerahan. Sumbatan sendiri kadang akan berbentuk pasta kental dan bertekstur kasar atau berbentuk batu kristal, tergantung dari materi mineral yang menyusunnya.

Disini kami tidak akan menerangkan detil terjadinya urolithiasis. Kita akan mencoba menjelaskan beberapa hal yang mungkin bisa menjawab sehubungan dengan aktivitas mengompol/pipis sembarangan pada kucing anda.
  1. Kesehatan. Urinary Tract Infection atau infeksi saluran kemih bisa menjadikan kucing pipis sembarangan. Ini lebih dikarenakan kucing secara psikologis tidak nyaman ketika di kotak pasir tempat ia buang air ia sering merasa kesakitan sehingga ia akan mencari tempat di luar kotaknya dengan harapan ia tidak merasakan sakit namun karena penyebab sakit belum juga diatasi maka ia akan terus menerus mencari tempat dimana ia tidak akan merasakan sakit. Untuk menghindari kejadian urolithiasis sebaiknya berikan kucing makanan dan minuman yang berkualitas baik karena tak jarang faktor pemicu terbentuknya urolithiasis ini adalah dari makan dan minumnya. Selain karena makanan dan minuman, kucing jantan yang belum steril dan tidak dikawinkan juga akan rawan menderita urolithiasis sebab kucing akan stres dan stres lambat laun memicu pembentukan urolith.
  2. Bak pasir yang kotor (kotoran/urin kucing yang sebelumnya belum dibersihkan. Kucing pada dasarnya makhluk yang tidak suka tempat kotor. Bahkan untuk buang kotoran sekalipun :) Sebaiknya untuk bahan pertimbangan, sediakan satu bak pasir untuk satu ekor kucing. Bila anda memiliki kucing 3 ekor sediakan 4 bak pasir karena terkadang ada kucing yang bersifat enggan berbagi bak pasir bahkan dengan saudaranya sekalipun. Perhatikan ukuran bak pasir dan jangan memaksakan menggunakan bak pasir berukuran kecil sementara kucing anda termasuk kucing dengan postur tubuh yang besar. Letakkan bak pasir di area yang mudah dijangkau kucing dan ia pun dengan mudah pula meninggalkannya(bukan diletakkan di kolong meja/tempat tidur).
  3. Jantan/Betina yang belum steril. Biasanya mereka kencing sembarangan untuk memberi tanda. Bila pada jantan tanda tersebut memberi arti wilayah kekuasaan sementara bila pada betina, maka betina tersebut akan memberi tanda bahwa ia siap menerima(kawin) dengan pejantan. 
  4. Kebiasaan. Nah ini yang sulit dibasmi :D karena..jika kucing sudah terbiasa kencing sembarangan maka anda perlu kerja ekstra keras untuk menghilangkan bekas urin dan biasanya si kucing tetap akan bisa mengendus bau urin sekalipun sudah dibersihkan berkali-kali bahkan sampai disemprot menggunakan parfum. Ada beberapa yang telah mencoba menggunakan kombinasi cairan pembersih seperti karbol dicampur kopi dan asam sitrat atau cuka, cukup ampuh namun ada juga yang masih belum berhasil. Petshop juga menyediakan larutan untuk membantu melatih supaya kucing tidak kencing di sembarang tempat. 
  5. Stress/marah akan sesuatu. Hal ini sekali lagi terkait psikologis kucing. Bisa karena ia ngambek karena ada kucing pendatang baru dan anda sedikit melupakan keberadaannya atau karena ia tidak ingin kucing baru tersebut menjadi penguasa. Boleh jadi anda lupa memberinya makan sementara anda sibuk ada didekatnya dan tidak memperhatikan maka ia akan protes dengan cara ia akan kencing di sembarang tempat. Untuk kasus seperti ini pastikan anda termasuk pemilik yang dekat dengan masing-masing hewan peliharaan anda untuk memudahkan mencari tau apa penyebab ia stress/marah.
  6. Umur. Semakin tua umur hewan peliharaan tentunya kinerja organ tubuhnya juga tidak sebagus dikala ia masih muda. 
Pesan kami disini adalah cobalah untuk menjadi pemilik yang dekat dengan masing-masing hewan peliharaan anda terutama bagi anda yang memiliki hewan lebih dari satu. Bila penyebab kucing anda mengompol/pipis sembarangan diluar masalah kesehatan tentunya pendekatan secara psikologis akan dapat membantu mengatasi penyebab kucing anda kencing sembarangan. 
Pertanyaan dan tanggapan silahkan follow twitter kami @dokterhewanku :)

20 komentar:

  1. klo kantung kemih penuh dan gk pipis2 gimana cara tindakannya? masih bisa disembuhkan ato engga yaah??

    BalasHapus
  2. kucing gag mau makan dan cuma minum trs gag pup dan pipis terus2an dia knp ya...

    BalasHapus
  3. kucingku persia akir" ini sering ngompol,tp sdkit,sering posisi pipis tp cm bberapa tetes ajj,ujung kmaluan sperti berlendir warna pink :'(
    ak takut klo kucingku mati,dy uda kya kluargaku :'(

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. kucing persia ane umurnya 1th laki", sering bgt ngompol klo tdr mlmnya abis maen sama musang, apa faktor strees dok?

    BalasHapus
  6. Aku kesel sama kucingku yg satu ini...bak pipis /pup udah di sediain dan bahkan aku simpan di dalam kamar mandi...tp kl aku lrngah dikit dia selalu pipisnya di tempat tidur selalu diatas bantal2 atau bedcover...aku lelah banget padahal dia sdh biasa pipis di tempatnya...tl stiap aku lrngah pasti dia pipus lg di tempat tidur...udah capek kerja bahkan aku jd sering banget harus cuci bedcover k loundry...smp udah kesek banget krn capek aku sentil kupingnya...gak bs banget ni kucing du perhatii. Udah dj kasih makan enak dan tempat yg layak tp masih aja dia nyolong sll pipis di tempat tidur...bete...

    BalasHapus
  7. Aku kesel sama kucingku yg satu ini padahal yg lainnya gak bgitu tuh cm satu aja yg udah gede yg suka nyuri2 pipis di kasur...bak pipis /pup udah di sediain dan bahkan aku simpan di dalam kamar mandi...tp kl aku lengah dikit dia selalu pipisnya di tempat tidur selalu diatas bantal2 atau bedcover...aku lelah banget padahal dia sdh biasa pipis di tempatnya...tp stiap aku lengah pasti dia pipis lg di tempat tidur...udah capek kerja bahkan aku jd sering banget harus cuci bedcover k loundry trmasuk baju2 di koperku...smp udah kesel banget krn capek aku sentil kupingnya...gak bs banget ni kucing di perhatiib. Udah di kasih makan enak dan tempat yg layak tp masih aja dia nyolong sll pipis di tempat tidur...bete...aku harus gimana ya...padahal sudah smua cara yg trbaik buat dia aku lakuin smp kadang malah anakku saja jd gak aku prhatiin jd focus prioritasin si kucing jorok satu ini...kasih perhatian extra

    BalasHapus
  8. Kucing saya setiap tidur selalu ngompol dok dan urin nya juga normal dok warnanya,itu kenapa ya dok? Padahal kucing saya masih berumur 1 tahun

    BalasHapus
  9. Dok, kucing saya sering ngompol, juga klo sering ke litter box
    Saat kucing saya jongkok mau pup itu lama sekali, juga area sekitar kelaminnya itu basah terus klo area itu disentuh kucing saya kayak kesakitan
    Itu knapa ya dok ?
    Mohon jawabannya dok

    BalasHapus
  10. Dok, kucing saya sering ngompol, juga klo sering ke litter box
    Saat kucing saya jongkok mau pup itu lama sekali, juga area sekitar kelaminnya itu basah terus klo area itu disentuh kucing saya kayak kesakitan
    Itu knapa ya dok ?
    Mohon jawabannya dok

    BalasHapus
  11. Dok, saya mau tanya, kenapa kucing betina saya(masih virgin) sehabis di kawinkan, sering banget ke bak pasirnya dengan posisi buang air kecil, tetapi setelah di cek gak ada bekas kencingnya, itu berulang ulang dok,, mohon jawabannya

    BalasHapus
  12. Koq pertanyaannya gak ada yg dibales....??

    Pertanyaan saya sama dengan yg dibawah ini, mohon penjelasannya donk.....thanks before....


    Dok, kucing saya sering ngompol, juga klo sering ke litter box
    Saat kucing saya jongkok mau pup itu lama sekali, juga area sekitar kelaminnya itu basah terus klo area itu disentuh kucing saya kayak kesakitan
    Itu knapa ya dok ?
    Mohon jawabannya dok

    BalasHapus
  13. Dok saya mau nanya. Cara penanganan kucing yang pipisnya merah gimana ya?

    BalasHapus
  14. Dok saya mau nanya, gimana cara mengobati kucing jantan saya yang terus menerus kencing tapi kencing nya sedikit demi sedikit?
    Tolong dibalas ya saya mohon karna saya takut kehilangan kucing saya lagi

    BalasHapus
  15. Dok kucing saya persia jantan tiba" muntah dan saya lihat dia kyk kesulitan kencing sampek kemaluanya merah,bagaimana menangani ini

    BalasHapus
  16. assalamualaikum dok
    mau tanya dok kenapa ya akhir akhir ini kucing saya cuman tidur terus,jarang makan,lemes dan sekarang suka kencing terus menurus disembarang tempat sama gak mau makan?
    cara ngobatatinnya gimana ya dok ?
    terimakasih

    BalasHapus
  17. Mau nanya,, tapi liat komen2 di atas ga da yg di bales :(

    BalasHapus
  18. Kucing saya susah jalan terus buang air besarnya susah tpi pipis terus menerus sdh z periksakan ke dokter dikasikan obat tapi sampai skrang blum smbuh malahan pipisnya makin parah dan buang aur besarnya sudah 5 hari nd keluar

    BalasHapus
  19. Bagaimana solusinya itu dok?

    BalasHapus
  20. Dokternya udah pensiun kali ya.. buat blog tapi tidak membalas komen2 nya..

    BalasHapus